Minggu, 04 April 2021

Penyebab Perut Begah yang Perlu Diketahui Untuk Antisipasi

Begah menjadi salah satu gangguan perut yang bisa dikatakan cukup sering terjadi. Ketika gangguan ini menyerang, tentu saja Anda akan merasakan ketidaknyamanan yang cukup menyiksa pada bagian perut. Selain itu, begah juga menjadi alasan kenapa perut terasa penuh, padahal Anda merasa tidak mengonsumsi terlalu banyak makanan sebelumnya.

Memang, begah bisa dikatakan bukan termasuk gangguan kesehatan yang serius. Hanya saja, jika masalah ini terus terjadi, bukan berarti nantinya Anda juga akan terganggu dan tidak bisa beraktivitas dengan lancar.

Oleh karenanya, mengetahui pengaruh perut begah adalah hal yang bisa dikatakan penting. Dengan pemahaman terkait begah yang memadai, Anda bisa melakukan pencegahan dengan lebih optimal ataupun penanganan dengan lebih cepat.

Penyebab Perut Begah yang Perlu Diketahui Untuk Antisipasi

Beberapa Penyebab Umum Perut Begah

Berbincang tentang perut begah, ada beberapa penyebab yang perlu Anda ketahui dengan baik. Selain itu, Anda juga harus menyadari bahwa begah bisa menyerang siapa saja, baik anak-anak ataupun dewasa.

Nah, adapun penyebab umum kenapa perut begah muncul adalah sebagai berikut:

1)      Adanya penumpukan gas di dalam perut

Salah satu alasan kenapa perut begah terjadi adalah adanya penumpukan gas di dalam perut. Ini merupakan penyebab perut begah yang paling umum. Dalam hal ini, perlu diketahui bahwa gas di dalam perut akan terbentuk ketika saluran cerna memproses makanan yang sebelumnya dikonsumsi.

Nah, kebiasaan menelan cenderung lebih cepat, menahan kentut, minum terlalu banyak dan kebiasaan merokok sering memicu peningkatan gas yang ada di dalam perut. Jika kondisi ini tidak ditangani dengan baik, atau minimal dihindari, maka perut begah akan cenderung lebih sering terjadi.

2)      Dispepsia

Penyebab lain dari perut begah adalah dispepsia. Apakah Anda pernah mendengar tentang hal ini sebelumnya?

Dispepsia merupakan kondisi tidak nyaman yang terjadi pada perut. Umumnya, dispepsia berlangsung cukup singkat namun cukup menyakitkan pula. Pemicu terjadinya masalah ini adalah konsumsi makanan yang terlalu banyak, konsumsi obat yang berdampak pada iritasi lambung, ataupun konsumsi makanan yang terlalu pedas dan asam.

Oleh karenanya, menjaga pola konsumsi menjadi hal penting untuk dilakukan. Selain itu, Anda juga harus lebih berhati-hati untuk memilih obat ketika hendak mengobati gangguan kesehatan agar dampak buruk penggunaannya tidak terjadi.

3)      Intoleransi makanan

Pernah mendengar tentang intoleransi makanan? Intoleransi makanan adalah rasa sensitivitas seseorang yang cenderung tinggi terhadap jenis makanan yang tertentu. Misalnya saja seseorang mengalami intoleransi terhadap lactose atau juga makanan yang mengandung gluten.

Kondisi ini nantinya akan memberikan dampak buruk ketika seseorang tersebut mengonsumsi makanan yang mengandung lactose ataupun gluten. Salah satu akibat dari intoleransi makanan ini adalah perut begah yang menyerang.

4)      Infeksi pencernaan

Hal lain yang juga menyebabkan perut begah adalah infeksi yang terjadi pada sistem pencernaan. Kondisi ini bisa dikatakan cukup serius dan jika tidak ditangani dengan segera, maka bisa mengakibatkan dampak buruk yang sangat mengganggu.

Infeksi pencernaan bisa disebabkan karena bakteri atau virus yang menyerang. Seseorang yang terkena infeksi pencernaan biasanya akan mengalami perut begah yang tidak kunjung hilang. Pada kasus yang lebih serius, penderita juga akan mengalami masalah lain seperti mual, muntah, diare dan gangguan perut lainnya.


Nah, beberapa penyebab perut begah tersebut perlu diketahui agar Anda bisa melakukan antisipasi dengan baik. Untuk mendapatkan informasi lain seputar kesehatan, terutama guna menjaga kesehatan perut dan lainnya, Anda bisa bergabung dengan forum kesehatan yang disediakan oleh SehatQ.com.

Deskripsi: forum kesehatan yang disediakan SehatQ.com menyediakan beragam informasi penting terkait dunia kesehatan yang bisa dijadikan referensi hidup lebih sehat.